Perumahan Elite dengan View Waduk Jatiluhur

Perkembangan bisnis property di Indonesia begitu pesat dan sangat menjanjikan. Banyak sekali developer-developer baru bermunculan dan menawarkan ide-ide perumahan yang segar dan inovatif. Sebut saja hunian tematik bernuansa arsitektur Jepang, Skandinavia, dan Amerika, maupun hunian yang menjual lokasi yang strategis dengan view yang menakjubkan. Salah satunya adalah developer property PT Bumi Cibarusah Indah yang menawarkan konsep perumahan dengan pemandangan kontur perbukitan dan waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Waduk Jatiluhur adalah sebuah waduk yang terletak di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat (±9 km dari pusat Kota Purwakarta). Waduk yang dinamakan oleh pemerintah Waduk Ir. H. Juanda ini merupakan waduk terbesar di Indonesia. Bendungan Waduk Jatiluhur mulai dibangun sejak tahun 1957 oleh kontraktor asal Prancis Compagnie française d’entreprise, dengan potensi air yang tersedia sebesar 12,9 miliar m3 / tahun dan merupakan waduk serbaguna pertama di Indonesia. Waduk Jatiluhur dapat dikunjungi melalui Jalan Tol Purbaleunyi (Purwakarta-Bandung-Cileunyi), keluar di Gerbang Tol Jatiluhur.

Selain berfungsi sebagai PLTA dengan sistem limpasan terbesar di dunia, kawasan Jatiluhur memiliki banyak fasilitas rekreasi yang memadai, seperi hotel dan bungalow, bar dan restaurant, lapangan tenis, bilyard, perkemahan, kolam renang dengan water slide, ruang pertemuan, sarana rekreasi dan olahraga air, playground dan fasilitas lainnya. Sarana olahraga dan rekreasi air misalnya mendayung, selancar angin, kapal pesiar, ski air, boating dan lainnya. Dengan lengkapnya fasilitas dan jenis rekreasi yang ditawarkan di sekitar waduk, tentu menjadi nilai tambah tersendiri bagi pemilik hunian yang berdekatan dengan kawasan tersebut.

Lokasi perumahan yang berada di kilometer 84 tol Cipularang tersebut memiliki letak yang cukup strategis. Bagi mereka yang sering kali berpergian di antara Bandung dan Jakarta, lokasi perumahan yang berada di tengah-tengah ini sangat cocok untuk dijadikan pilihan dalam menentukan tempat tinggal yang strategis dan dapat mengurangi jarak tempuh perjalanan di antara kedua kota tersebut. Bahkan dengan rampungnya proyek tol jalan layang Japek, lokasi tersebut seakan tak berjarak lagi dengan Jakarta yang merupakan Ibu Kota dan pusat perekonomian Indonesia tersebut.

Tentu saja proyek pembangunan perumahan memerlukan data topografi sebagai dasar pembangunan. Dengan adanya kebutuhan untuk melakukan survey topografi tersebut, PT Bumi Cibarusah Indah menggandeng Survey Archipelago Indonesia atau Surgon, yang memiliki spesialis di bidang survey topografi dan survey pemetaan, untuk melakukan pengukuran dan pembuatan peta topografi untuk proyek pematangan lahan di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat  tersebut. Surgon juga menyajikan metodologi kerja pengukuran dan pembuatan peta topografi pada lahan yang berada di atas tanah seluas 5.1 Ha tersebut. Lahan tersebut memiliki topografi cenderung berkontur/berbukit dengan sebagian besar permukaan berupa vegetasi dengan kerapatan rendah. Tujuan utama dari survey topografi di Jatiluhur, Purwakarta ini adalah untuk mendapatkan data primer dari kondisi topografi area existing. Hasil dari survey digunakan sebagai data masukan untuk pembuatan model topografi yang digunakan untuk penghitungan pematangan lahan/cut and fill dan Detailed Engineering Design.

Pekerjaan lapangan berupa survey topografi dilakukan pada 14 Oktober 2019 kemudian dilanjutkan dengan proses penggambaran dan pelaporan di kantor. Ruang lingkup pekerjaan survey topografi ini adalah sebagai berikut:

  1. Pengamatan GPS Geodetic menggunakan metode static untuk pengadaan dua titik referensi (BM).
  2. Pekerjaan survei topografi surface objek eksisting.
  3. Pekerjaan survey jaring control.
  4. Perhitungan koordinat survei (N,E,Z) terkoreksi.
  5. Proses pembuatan TIN.
  6. Drawing detil situasi.
  7. Proses contouring.
  8. Drawing cross dan long profile.
  9. Layout dan plotting.
  10. Reporting.

Survey Archipelago Indonesia memiliki harapan tinggi untuk dapat selalu berkontribusi penuh terhadap kemajuan pembangunan dan peradaban bangsa Indonesia. Survey Archipelago Indonesia beranggotakan para professional muda dan ahli pada disiplin ilmu masing-masing. Melalui bidang survey topografi dan survey pemetaan, Survey Archipelago Indonesia berharap dapat menunjukkan eksistensi dan komitmen tersebut, demi terciptanya pemerataan pembangunan nasional dari pelosok sampai kota, dari Sabang sampai Merauke, di setiap titik kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Tautan:

Wikipedia.com

Jabarprov.go.id

1 thoughts on “Perumahan Elite dengan View Waduk Jatiluhur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Klik ini untuk bicara via Whatsapp